Produktif Yang Negatif

Jika kita mendengar kata “produktif” yang pertama terbayang adalah konotasi postifif dari kata tersebut, dan karena ini adalah hal yang biasa terjadi, maka tidak akan saya bahas lebih lanjut. Yang justru ingin saya utarakan, adalah konotasi negatifnya. Lha kok bisa? Produktif kok dibilang negatif? Mungkin sebagian dari anda yang otaknya cukup kekinian seperti saya, sudah membayangkan ketidakpatuhan terhadap pemerintah dengan program keluarga berencana-nya. Cukup menarik, tapi Itu akan saya bahas lain waktu.

Saya sedang memberi contoh kepada anda tentang produktif dengan konotasi yang negatif, begini, tulisan ini saya buat segera, setelah saya publikasikan tulisan sebelumnya. Ya, tanpa jeda, kenapa tidak sekalian disatukan? Ya karena baru kepikiran.

Sudah cukup jelas dalam tulisan sebelumnya bahwa saya sedang mengalami masa yang seakan-akan saya sedang susah, walaupun sebenarnya tidak sesusah Igha buat nyari jodoh atau luthfi buat bangun pagi. Dan ini bukan kali pertama, meskipun yang ini benar-benar real shit kalau bahasa jawanya. Dan di masa seperti inilah saya kerap secara sadar terpacu untuk melakukan sesuatu secara intens, termasuk ini, nulis. Yang sebenarnya juga lebih sehat ketimbang mabuk-mabukan atau berusaha ngontak mantan.

Nah, bingung? Produktif seperti itu kok dibilang negatif? Sekarang saya kasih jawabannya. Apakah anda suka disambati? (Sambat=mengeluh) karena tulisan ini, termasuk tulisan sebelumnya, dan mungkin termasuk juga beberapa tulisan yang akan datang, isinya tidak akan jauh-jauh dari, sambat. Selain itu, untuk menjaga citarasa eksklusif, tidak semua tulisan saya muat di blog ini, bahkan ada yang saya publikasikan langsung secara lisan. beruntung banyak teman saya yang termasuk penyabar kelas kakap.

Selamat dinihari menjelang pagi,

Catatan penulis: Tulisan ini dibuat segera setelah posting tulisan sebelumnya, hanya karena ketiadaan koneksi internet yang jelas, tulisan ini harus nimbrung dulu di draft. 

Leave a Reply

