Selamat Tahun baru 2011

buyar

Saya pernah sekali mengatakan ini kepada seorang teman, bahwa bagi saya waktu berhenti di akhir 2010, lalu kemudian dia bertanya “kenapa?” suatu kejutan bagi saya karena saya pun tidak pernah berpikir kenapa, bagi saya itu seperti sesuatu yang terjadi begitu saja, selesai ya selesai, mau kalaupun dimulai lagi, itu seratus persen hal yang berbeda.

Tentu agar tidak hilang muka, saya jawab, karena apa yang saya lakukan dan nikmati, semua berhenti di 2010, film, musik, game, semua sebelum tahun 2010. Saya bukan mengatakan bahwa film, musik, dan game yang baru-baru ini jelek, saya tahu, beberapa saya tonton, dengarkan, dan mainkan, hanya saya tidak ngraket. Sebut saja The Hobbit, saya mungkin sudah ribuan kali menonton Lord of the Ring, tentu saya menonton The Hobbit juga, itu film bagus, tapi ya sudah, begitu film itu selesai, kenikmatan saya pun selesai, saya tidak  tertarik untuk membaca ulang bukunya, mencari siapa pemerannya, atau meneliti apa beda antara film dengan novelnya.

Dan ini tidak cuma terjadi di dunia hiburan, bagi teman-teman yang mengenal saya, tentu mereka tahu bahwa saya cukup asik dengan isu keamanan dan isu politik Timur-tengah, Dulu saat China pertama kali merilis kapal induk mereka, saya menulis ratusan kata, setiap event yang diberitakan di BBC Mideast bisa saya jadikan bahan untuk diskusi, dan semua tulisan di The Diplomat memancing kritik saya. Sekarang? tidak. Bukan tidak peduli, saya masih mengikuti dan kadang berkomentar, hanya saja tidak seperti dulu, ya hanya sekedar partisipasi saja.

Kemudian, banyak teman baik saya, yang pada awalnya hanya dari pertemuan dua-tiga menit, bahkan hanya karena makan satu meja, kuliah satu kelas, satu kepanitiaan, atau sekedar tatap muka dan saling familiar (terjadi dengan Mbak Ina). Dan saya rasa itu kebiasaan yang cukup menyenangkan, Tapi sekarang, saya melewatkan banyak kesempatan untuk menjalin pertemanan, suatu saat saya menyadari bahwa saya tidak pernah sama sekali bertegur sapa dengan orang yang sering nongkrong satu meja dengan saya. Bukan karena saya egois atau sibuk, bagi saya sekarang, hanya seperti orang yang papasan di lampu merah, tidak ada yang spesial.

Saya bukan berkata bahwa saya tidak melakukan apapun setelah 2010, saya melakukan banyak hal, saya mendapat beberapa pekerjaan, saya masuk ke dalam dunia desain dan fotografi, saya menulis di blog, dan saya pun memiliki beberapa teman baru, hanya saja rasanya tidak sama. Mungkin kalau sok Inggris, kalimat yang paling pas ya Passion, saya kira dulu saya melakukan banyak hal bukan sekedar karena saya harus melakukannya, tapi ada satu dan lain hal yang membuat saya lebih menikmatinya, bukan satu dua hal yang secara khusus, tapi semua yang saya lakukan. Kucing konyol yang akhirnya nampang di ospek 2011 itu awalnya dibuat dengan Microsoft Word, pusat studi yang akhirnya tidak ada yang mau melanjutkan itu berawal dari ngobrol rutin di perpus yang nyaman dan wifinya kenceng. Skripsi saya terinspirasi dari satu tulisan ngawur seorang purnawirawan di AS, dan banyak hal lain,

Dan saya kira sebelumnya saya tidak pernah menyerah terhadap apa yang saya inginkan. Ada waktu dimana saya tidak peduli berapa orang yang datang ke perpus untuk diskusi, Saya pernah mengerakan essay di komputer dingdong, dan menggunakan intel atom untuk membuat film pendek. Namun sekarang, tiga tahun belakangan ini, saya menyerah lebih banyak dari 20 tahun hidup saya sebelumnya. Pada awalnya saya pikir memang beberapa hal memang tidak perlu ngoyo tapi lama kelamaan saya justru terbawa, jika memang tidak ada yang ngoyo kenapa saya harus ngoyo? Mungkin itu yang sering secara tidak sadar saya pikirkan.

Akhir kata, bukan saya menyerah, saya kira saya cuma butuh tempat dan rutinitas baru, mungkin lebih tepatnya kehidupan baru, jangan bilang zona nyaman, “keluar dari zona nyaman” itu cuma istilah yang dipakai biar kamu mau susah tanpa kompensasi memadai (setidaknya itu pemikiran saya sekarang).

tl;dr: Saya kira secara simpel saya cuma, bosan.

One thought on “Selamat Tahun baru 2011

Leave a Reply

